Detail Cantuman Kembali

XML

PENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN ULANG MENGENAI BENDA-BENDA DI SEKOLAH, KATA BANTU BILANGAN, DAN LAWAN KATA PADA ANAK KELAS V


ABSTRAK

Dari banyaknya pembelajaran yang sukses menggunakan media bantuan Adobe Flash khususnya Matematika, maka dari itu penulis mencoba dengan media animasi diam dari Adobe Flash sebagai media bantuan dalam pembelajaran Bahasa Mandarin yang bertujuan untuk mengetahui hasil dari pembelajaran ulang tentang beberapa kata benda di sekolah, kata bantu bilangan masing-masing benda, lawan kata dan penggunaan kata 有 yǒu dan 还有 háiyǒu dalam kalimat bagi siswa kelas V sebagai bahan Ujian Semester Genap (UTS) di SD YPPI IV Surabaya.
Pada RPP I, siswa mempelajari ulang beberapa kata benda di sekolah,yaitu: 桌子 zhuōzi, 椅子 yǐzi, 电灯 diàndēng, 白板 báibǎn, 教室 jiàoshì, 图书室túshūshì, 办公室 bàngōngshì, 操场 cāocháng; penulisan urutan goresan dari kata 那 nà, 这 zhè, 还 hái, 有 yǒu; dan penggunaan kata 有 yǒu dan 还有 háiyǒu.
Pembelajaran pada RPP I menggunakan media animasi diam dari Adobe Flash yang terdiri atas karakter 汉字 (Hànzi) dan gambar serta dengan pendekatan metode drill.
Pada RPP II, siswa mempelajari ulang kata bantu bilangan dari masingmasing kata benda di sekolah pada RPP I; delapan lawan kata yaitu: 大 dà x 小xiǎo 、多 duō x 少 shǎo 、男 nán x 女 nǚ 、外 wài x 里 lǐ 、上 shàng x 下 xià; dan pengembangan kalimat yang lebih luas dari kata-kata yang telah dipelajari pada RPP I dan RPP II dengan menggunakan pendekatan expansion drill dan animasi diam dari Adobe Flash.
Dari hasil pembelajaran yang diperoleh dan berdasarkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) yang ditetapkan SD YPPI IV Surabaya adalah 65, terdapat paling banyaknya 4,17% (1 siswa) tidak memenuhi SKBM, selebihnya 95,83% (23 siswa) memenuhi SKBM pada masing-masing RPP I dan RPP II.
Selain terdapat kesamaan hal tersebut, pada RPP I dan RPP II juga terdapat perbedaan yang signifikan yaitu dari 20,83% (5 siswa) yang mengalami penurunan nilai pada RPP I turun menjadi 4,17% (1 siswa) pada RPP II. Namun dari siswa yang masih mengalami penurunan nilai pada RPP II, disebabkan karena bobot soal yang diberikan pada RPP II lebih berat dibandingkan pada RPP I, khusus pada bagian penulisan urutan goresan dan juga siswa wajib untuk membuat kalimat perbandingan dari gambar yang disediakan tanpa petunjuk.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan diatas adalah bahwa penggunaan media animasi diam dari Adobe Flash sebagai alat bantu pada pembelajaran ulang Bahasa Mandarin mengenai sekolah dapat meningkatkan hasil pembelajaran sebelumnya.

2011
TA-BT Ari 01 2011
TA-BT Ari 01 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
xi, 101 hal ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...