Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran Bahasa Tionghoa dengan Metode Permainan Mencari Petunjuk Kota untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Berbagai Macam Profesi di Kelas VII SMP YPPI II Surabaya


ABSTRAK

Untuk mempermudah penyampaian serta pemahaman materi pelajaran bahasa Tionghoa pada peserta didik, maka guru harus mampu mengkombinasikan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswanya. Diharapkan cara tersebut mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga dapat menarik minat dan motivasi siswa untuk mempelajari Bahasa Tionghoa. Oleh sebab itu di dalam Tugas Akhir ini penulis mengemukakan sebuah judul “Pembelajaran Bahasa Tionghoa Dengan Metode Permainan Mencari Petunjuk Kata Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Berbagai Macam Profesi Dikelas VII SMP YPPI 2 Surabaya”.
Berdasarkan judul yang dikemukakan diatas, maka pada pembelajaran ini siswa mempelajari 6 macam profesi. Metode pembelajaran ini dibagi menjadi 3 tahap, tahap pertama pengulangan materi yang pernah diajarkan melalui permainan tebak kata, tahap kedua membawa siswa ke lapangan untuk melakukan permainan mencari petunjuk kata, dan tahap yang ketiga melakukan evaluasi pembelajaran Bahasa Tionghoa.
Berdasarkan uraian dan pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pada Minggu I dari hasil analisa evaluasi tertulis, serta mengingat ketuntasan belajar individual yang telah ditetapkan maka terdapat 32% atau 6 siswa yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 68% atau 13 siswa dinyatakan memenuhi SKBM secara individual. Pada Minggu II berdasarkan hasil analisa evaluasi tertulis, maka terdapat 32% atau 4 siswa yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 68% atau 20 siswa dinyatakan memenuhi SKBM secara individual. Pada Minggu III, terdapat 92% atau 22 siswa yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 8% atau 2 siswa dinyatakan memenuhi SKBM secara individual.
Ketidak berhasilan dalam proses belajar mengajar pada minggu III ini disebabkan karena bentuk evaluasi yang dipergunakan kurang mendukung dari tujuan pengajaran.
摘要

为了更容易转交和理解中文课结实的学生,老师必须能够结合教学法和媒体跟教学方式。希望这种方法能够创造愉快的教育气氛,而能够引起学生学习的兴趣,所以作者提出 :“对泗水YPPI 2 初中一年级的学生理解在学中文通过游戏教学生认识职业”为论文题目。
按照上面所描述的题目,那么这教学活动学生学习6种职业的生词直接教学法的3形式是:第一形式是:学过中文重复玩猜谜语;第二形式是:带学生一起去操场玩猜线索游戏;第三形式是:评价学生的中文学习。
按照考试结果,第一个星期和第二个星期占32%不成SKBM, 占68% 成SKBM的考试。第三个星期占92% 不成SKBM, 占8% 成的结果考试。应为对学生们在第三个星期考试的问题太难,所以结果成绩不太好。

2009
TA.BT Cin 85 2009
TA.BT Cin 85 2009
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2009
Surabaya
xiv, 133 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...