Detail Cantuman Kembali
Efektivitas Penggunaan Metode Permainan dan Story Telling serta Penggunaan Media Gambar, Puppet Replika Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahsa Tionghoa tentang Taman bagi Siswa Kelas V SD YPPI I Surabaya
ABSTRAK
Untuk mempermudah penyampaian dan pemahaman materi pelajaran bahasa Tionghoa kepada para siswa, maka guru harus dapat menggunakan metode dan media yang ada. Diharapkan dengan menggunakan metode dan media yang ada dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk mempelajari bahasa Tionghoa. Maka praktikan dalam Tugas Akhir ini penulis mengemukakan sebuah judul “ Efektifitas Penggunaan Metode Permainan dan Story Telling serta Penggunaan Media Gambar, Puppet, Replika Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Tionghoa Tentang Taman bagi Siswa Kelas V SD YPPI 1 Surabaya “.
Berdasarkan judul di atas,maka pada akhir pembelajaran didapatkan hasil bahwa, hasil pembelajaran dengan menggunakan metode permainan dan story telling serta penggunaan media gambar, puppet, replika benda untuk kompetensi mendengar cukup berhasil hal ini dapat dilihat pada minggu pertama sebanyak 91,3% siswa yang berhasil, minggu ke dua 78,3% siswa yang lulus dan minggu ke tiga terdapat 95,7% siswa yang berhasil. Sedangkan untuk kompetensi menulis tidak terlalu berhasil, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pada minggu pertama 87% siswa yang berhasil, minggu ke dua 69,6% siswa yang berhasil dan pada minggu ke tiga hanya 34,8% siswa yang berhasil.
Dari hasil di atas maka dapat disimpulkan penggunaan metode permainan dan story telling efektif dalam membantu siswa mempelajari bahasa Tionghoa terutama dalam kompetensi mendengar, sedangkan untuk kompetensi menulis kurang efektif untuk membantu siswa.
Untuk itu sebaiknya dalam menekankan kompetensi menulis sebaiknya diajarkan secara terpisah dengan kompetensi mendengar.
Oleh sebab itu dalam menentukan metode dan media yang ada harus disesuaikan dengan kompentensi yang ingin dicapai.
摘要
为了使学生更灵活以及理解中文,所以老师必须能积极的利用媒介教学法。希望利用不少媒介教学法能帮学生提高汉语水平和学习汉语的兴趣。本人在作此论文同时提出:“为了提高泗水 YPPI 1 小学五年级的汉语水平关于《公园》词汇教学过程使用游戏ˎ 布偶讲故事ˎ 画画ˎ 复制品等媒介“为论文题目。
按照以上的论点,那么在学习过程中显然看到了效果:第一个星期在听力方面成功率达91,3%, 第二个星期成功率达 78,3% 和第三个星期成功率达 95,7%。然而书写方面成绩不太理想,这件事由他们考试后所得的成绩去证明,在第一个星期成功率达87%,第二个星期成功率达 69,9%, 而在第三个星期成功率只达 34,8% 。
由以上的效果证明:我们能看到利用游戏ˎ 布偶讲故事的教学法ˎ 画画ˎ 复制品等媒介,只能在推动或提高学生的听力比较有良好的效果,而在书写方面还未见效。
Maria Elisabeth Shandy Setiawan ( 61106007 ) - Personal Name
2009
TA.BT Set 82 2009
TA.BT Set 82 2009
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2009
Surabaya
ix, 144 Hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...