Detail Cantuman Kembali

XML

Upaya Meningkatkan Pemahaman tentang Perkenalan Diri melalui Model Pembelajaran Langsung yang Dikombinasikan dengan Percakapan Berkelompok bagi Siswa Kelas IV SD YPPI I Surabaya


ABSTRAK
Sejalan dengan arus globalisasi dan dimasukkannya Bahasa Tionghoa sebagai salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa Bangsa, Bahasa Tionghoa semakin banyak digunakan dalam pergaulan dan perdagangan internasional. Hal ini mengakibatkan mempelajari Bahasa Tionghoa menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting pada saat ini. Seperti sekolah-sekolah yang telah memasukkan Bahasa Tionghoa kedalam mata pelajaran wajib.
Praktikan mendapatkan materi tentang perkenalan diri yang juga disertai dengan pengenalan nama-nama tempat dan melakukan praktek pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap perkenalan diri, sehingga praktikan mengambil judul Tugas Akhir Upaya meningkatkan pemahaman tentang perkenalan diri melalui model pembelajaran langsung yang dikombinasikan dengan percakapan berkelompok bagi siswa kelas IV SD YPPI 1 Surabaya.
Praktikan melakukan observasi kelas dan guru pada tanggal 27 Januari 2009 dan melakukan praktek pengajaran pada tanggal 4, 18, 25 Februari 2009. pada tiga kali pertemuan praktikan menggunakan tiga siklus dan hasil evaluasi setiap siklus adalah sebagai berikut: siklus pertama terdapat 85,7% siswa tuntas, pada siklus kedua terdapat 96,43% siswa tuntas, dan pada siklus yang ketiga terdapat 100% siswa tuntas.
Aktifitas siswa selama proses belajar-mengajar cukup aktif yang disertai dengan suasana kelas yang ramai namun diimbangi dengan 53,60% siswa memahami materi, respon siswa terhadap model pembelajaran langsung yang dikombinasikan dengan percakapan berkelompok adalah 75% siswa merespon menyenangkan. Namun demikian, dalam pelaksanaan proses pembelajaran praktikan tidak menggunakan prinsip-prinsip dasar model pembelajaran langsung seperti yang tertera dalam judul.

2009
TA.BT Lim 81 2009
TA.BT Lim 81 2009
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2009
Surabaya
x, 112 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...